Jakarta – Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah) genap berusia duapuluh tahun. Bertepatan dengan Muktamar V Salimah yang dilaksanakan Jumat – Ahad, 6 – 8 Maret 2020 di Hotel Millennium Jakarta.

Dalam rangka Muktamar dan Milad ini, Departemen Humas dan Media PP Salimah menyelenggarakan lomba video profil Salimah dengan tema ‘Salimah Peduli Perempuan, Anak dan Keluarga Indonesia’. Sesuai dengan visi Salimah, ‘Menjadi Ormas Perempuan yang kokoh dan dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, dan keluarga Indonesia’.

“Dalam lomba ini kami menantang Humas Salimah untuk menampilkan hal-hal membanggakan tentang Salimah. Video tersebut dapat meceritakan Salimah dalam sudut pandang yang berbeda sesuai dengan kearifan lokal masing-masing. Bisa menampilkan pengurus, produk, aktifitas, kegiatan Salimah, dan sebagainya. Karya boleh dalam bentuk animasi, dokumenter, drama, info grafis dan Vlog dan lain-lain, dengan durasi satu menit,” ujar Iin Indarwati ketua Departemen Humas dan Media.

Melalui video pendek tersebut, masyarakat diharapkan semakin mengenal Salimah dengan beragam aktifitas di seluruh Indonesia dan turut mendukung serta terlibat dalam kegiatan Salimah. Seluruh Video pemenang ditayangkan pada acara Muktamar dan Milad Salimah 2020.
Lomba dimulai sejak awal Desember 2019 hingga akhir Januari 2020. Dari empat puluh lima kiriman video, dipilih 3 juara pilihan juri dan 2 juara favorit berdasar jumlah ‘like’ di akun youtube terbanyak. Dengan kriteria penilaian, kreativitas dalam memvisualisasikan dan mendeskripsikan tema.
Sebelum lomba dimulai, Humas Salimah telah mendapatkan pelatihan melalui grup Whatsapp. Grup yang terdiri dari seluruh humas Salimah se Indonesia dari tingkat Pimpinan Wilayah (PW) hingga Pimpinan Daerah (PD), yang menjadikan sarana belajar secara online untuk meningkatkan kemampuan kehumasan.

Untuk pelatihan video ini, Humas Salimah mendapat tiga tema materi. Smartphone Videography, Konten Video Profile dan Skenario pembuatan video. Di mana yang memberikan materi adalah para praktisi media terutama video yang pakar di bidangnya.
Dari empat puluh lima kiriman video, diseleksi menjadi tiga belas nominasi yang dianggap memenuhi kriteria. Beberapa komentar diberikan ketika informasi nominasi ini diumumkan di grup. “Alhamdulillah kedua video kami masuk nominasi. Tidak nyangka. Masuk nominasi saja sudah bersyukur sekali,” ungkap Endah Humas Banjarmasin Kalsel. Barokalloh kepada PD dan PW yang sudah masuk nominasi, ikut bahagia dan senang,” tulis Nuseu Humas Ciamis Jabar. Uniknya para peserta lomba, mereka saling memberi selamat dan saling memberi ‘like’ pada video peserta lain. Inilah indahnya persaudaraan.

Setelah melakukan seleksi, juri menetapkan Juara satu dari PW Kalimantan Selatan dengan judul video ‘Di sana Ada Cinta’. Juara dua, PD Kudus Jateng dengan judul ‘Peresmian Sekretariat Salimah Kudus’ dan juara tiga dari PW Sumatera Utara dengan judul video ’17 Tahun Berbakti Untuk Sumatera Utara’. Juara favorit satu dengan like terbanyak diperoleh PW Jawa Barat dengan judul video, ‘Salimah Jabar untuk Indonesia’ dan favorit kedua diperoleh PD Karanganyar Jateng dengan judul ‘Salimah Karanganyar’
Selamat kepada para pemenang. Semoga semakin giat melaksanakan kegiatan, memberi manfaat pada masyarakat dan mendokumentasikan juga mempublikasikannya dengan baik dan terus mengasah diri

Komentar
Load More Related Articles
Load More In Keluarga
Comments are closed.

Check Also

Milad ke Dua Puluh Salimah Gelar Konser Lagu Anak

Idreamradio.id – Jakarta – Di akhir rangkaian acara Muktamar V Pimpinan Pusat …