Idreamradio.id, Depok  – Sekolah Adab Insan Mulia (AIM) sukses menyelenggarakan sekolah adab untuk orang tua siswa angkatan pertama pada hari Ahad, 7 Juli 2019. Acara ini di selenggarakan oleh Yayasan Adab Insan Mulia bekerja sama dengan Masjid Baiturrahman (masjid Kubah Merah) Jl. Tole Iskandar Depok II . Di Angkatan yang pertama ini dihadiri oleh para orang tua wali murid tidak hanya dari wilayah Jabodetabek bahkan ada peserta yang berasal dari kota lain seperti dari Solo Jawa Tengah.

Sekolah Adab Insan Mulia berusaha mengkondisikan kesiapan Ayah dan tentu Bunda dari murid sekolah untuk duduk, belajar, mendengarkan, menulis, bertanya, dan diskusi, melalui penyelenggaraan Angkatan I Sekolah Adab Untuk Orang Tua, bahkan sebelum Kalender Akademik anak-anak mereka dimulai. Pengalaman ayah duduk bermajelis dengan penutup kepala, baju terbaik, dan penugasan, akan memudahkan Ayah merasakan apa yang nanti akan dirasakan oleh anak-anaknya selama melalui proses pengadaban (ta’dib). Dengan demikian sinergi dan kolaborasi orang tua dan sekolah adab, adalah prasyarat awal untuk tercapainya cita-cita bersama, melahirkan manusia beradab (a good man).

Ayah adalah sumber cahaya di rumahnya. Sejatinya rumah terbaik adalah yang mampu mengantarkan penjemput cahaya dari sumbernya dari rumah Allah (baitullah). Di saat seorang ayah telah memiliki cahaya maka ia berpotensi untuk membagi cahayanya kepada murid biologisnya (anak).”

Umar Saifullah selaku sebagai salah satu pengurus Yayasan Adab Insan Mulia menegaskan. “Kita meyakini bahwasanya pembentukan karakter adab itu memang porsinya harusnya lebih banyak di rumah, di sekolah itu hanyalah sebuah pembentukan adab materi-materinya”

Pembina Yayasan Adab Insan Mulia Dr. Wido Supraha sendiri merasa perlu segera dibentuknya badan pendidikan sekolah yang berlandaskan Islam yang mengedepankan pendidikan.

“Oleh karena itu Pembina dari pada Yayasan Adab Insan Mulia ustadz Dr. Wido Supraha memang merasa bahwasanya harus segera dibentuk satu badan pendidikan dalam bentuk sekolah karena ini adalah ruh daripada yayasan yang berlandaskan Islam yang memang disana mengedepankan pendidikan. Setiap yayasan yang berlatar belakang pendidikan, memang harus dituntut untuk mempunyai satu sekolah” Umar Saifullah menambahkan .

Dalam materi ceramahnya Dr. Wido Supraha menyampaikan kepada para orang tua siswa bahwa orang tua seharusnya tidak menyia-nyiakan atau meremehkan tanggung jawab dari Allah ketika diamanahkan untuk menjadi Ayah dan Bunda yang baik, termasuk memberi pendidikan sebaik mungkin.

“Yakinlan ketika kita dikaruniai anak oleh Allah ada semacam keyakinan iman bahwa Allah swt tidak membebani kita diluar kesanggupan manusia “Laa yukalifullahu nafsan Illa wus’aha” maka kemudian kalau kita dikaruniai anak yakinlah Allah swt yakin kita bisa menjadi ayah bunda yg baik, maka kita segera harus tidak menyia-nyiakan dan meremehkan amanah dari Allah swt ini.” Dr. Wido Supraha menyampaikan ceramahnya.

Latar belakang Yayasan Adab Insan Mulia sendiri adalah Program pendidikan dasar setingkat SD (sekolah Dasar) . Salah satu kurikulum sekolah dasar Adab Insan Mulia yaitu melibatkan para wali murid untuk ikut meningkatkan kapasitas ilmunya dengan cara bersekolah juga seperti anak-anaknya. Karena pendidikan di sekolah tidaklan mencukupi dalam proses pembentukan karakter dan adab bagi anak-anak. Maka dari itu peningkatan ilmu adab orang tua juga dibutuhkan untuk mendampingi dalam proses pembentukan karakter anak-anak di luar pendidikan sekolah atau ketika di rumah. Berangkat dari nama Yayasan Adab Insan Mulia yang menjadi latar belakang daripada konsep sekolahnya yaitu harus mengedepankan pembentukan adab kepada anak didik. (Izd)

Komentar
  • Urgensi Seorang Muslim Mentadabburi Al Quran

    Tadabbur Al Qur’an : Urgensi Seorang Muslim Mentadabburi Al Quran Narasumber: Ustadz…
Load More Related Articles
Load More In Berita
Comments are closed.

Check Also

Peringati Hari Jadi Yang Ke 2, B3e Production Menggelar B3e Choice Award 2.0

B3e Production, sebuah komunitas film maker Islam yang berfokus di bidang dakwah audio vis…